Kamis, 24 September 2020

Kelas 6 Mad Far'i

BTQ KELAS 6

Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

SD Muhammadiyah 03 Tumpang

 

Pembelajaran 3

Materi :

Mad Fari


Petunjuk :

-          Awali aktifitas dengan senantiasa berdoa agar kegiatan dilancarkan

-          Fahami materi dengan baik dan benar dengan panduan dan didampingi orang tua

-          Kerjakan tugas-tugas dengan baik dan benar

 

Bahan ajar :

- Buku Catatan BTQ 

- Al Quran 

 

Mad Farqi

 

Mad farqi adalah bertemunya 2 huruf hamzah ( yang pertama adalah hamzah istifham ) kata tanya dan yang ke 2 adalah hamzah washol pada alif lam ma’rifah

Cara membacanya adalah 6 harokat.

Contoh:

Surat Yunus ayat 59 :

قُلْ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْزَلَ اللهُ لَكُمْ مِنْ رِزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِنْهُ حَرَامًا وَحَلَالًا قُلْ آللهُ أَذِنَ لَكُمْ ۖ أَمْ عَلَى اللهِ تَفْتَرُونَ

Surat An-Naml ayat 59 :

قُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَسَلَامٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى ۗ  آللهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُوْنَ


Jika sudah dilihat contoh-contoh di atas, maka kalimat asli yang menunjukkan pertemuan mad badal dan tasydid di lain kalimat adalah sebagai berikut :

اَاَللهُ - اَاَلذَّكَرَيْنِ

 


 

Latihan Pembelajaran

 Tugas Tertulis :

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat  !

 

1.       Mad Farqi adalah ?

.............................................................................................................

2.      Mad Farqi  dibaca panjang berapa harokat?

.............................................................................................................

3.      Sebutkan  3 contoh bacaan Mad Farqi !

.............................................................................................................

 

Tugas Proyek :

● Menghafalkan Qs. Al Baqarah ayat 10 40x 

( jika sudah hafal kirim berbentuk video  ke guru kelas )

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 5 BTQ IDGHOM MUTAMATSILAIN

  BTQ KELAS 5 Semester Genap SD Muhammadiyah 03 Tumpang   Pembelajaran 2-2.2   Assalamualaikum anak sholih dan Sholiha, bagaiman...