Senin, 25 Januari 2021

Kelas 6 BTQ Ghorib (Sakta ﺳﻜﺘﻪ )

 

BTQ KELAS 6

Pembelajaran 1- Semester Genap

SD Muhammadiyah 03 Tumpang

 

Pembelajaran 1-1.3

 

Assalamualaikum anak sholih dan Sholiha, bagaimana kabar kalian ? dan dimanapun kalian berada ibu berharap anak-anak dalam keadaan sehat Aamiin........       

 

Alhamdhulilah kita memasuki pembelajaran  di semester genap. Mari perhatikan materi di bawah ini .

 

Materi :

-          Ghorib Musykilat Sakta

 

Petunjuk :

-          Awali aktifitas dengan senantiasa berdoa agar kegiatan dilancarkan

-          Fahami materi dengan baik dan benar dengan panduan dan didampingi orang tua

-          Kerjakan tugas-tugas dengan baik dan benar

-          Siapkan alat Tulis , Juz Amma serta buku catatan.

 

 

Ghorib Musykilat ( sakta )

 

Ghorib artinya asing. Bacaan ghorib adalah bacaan asing.Yaitu bacaan yang tidak sebagaimana biasanya sehingga dikhawatirkan salah dalam membacanya .Agar tidak turut latah danmembiarkan terjadinya kesalahan, alangkah baiknya apabila kita mencatat ayat-ayat yang mengandung bacaan ghorib.

Macam- macam bacaan gharib antara lain:

1.Sakta(ﺳﻜﺘﻪ)

   Saktah adalah berhenti sejenak tanpa bernafas, dengan tujuan untuk meluruskan arti ayat. Di dalam mushkhafros mulutsmani, ‘saktah’ ditandai dengan khuruf  ‘SIN ’kecil pada ayat yang mengandung ‘saktah’.

Menurut  Imam Hafs, saktah hanya ada di 4 tempat yaitu surat (18:1-2), (36:52), (75:27) dan (83:14). Pada contoh di bawah ini, huruf  ‘SIN’ (sebagai tanda saktah) terletak antara kata berwarna merah dan kata berwarna biru .Diantara kedua kata itulah terjadi saktah.

Berikut ini adalah ayat yang mengandung saktah:

Surat Al-Kahfi (18) antaraayat 1 dan 2:ﻋﻮﺟﺎﻗﻴﻤﺎ

SuratYasiin (36) ayat 52: ﻣﻦﻣﺮﻓﺪﻧﺎ

Surat Al-Muthoffifiinayat 14:ﻛﻶﺑﻞﺮﺎﻦ 

 

 

 

 

-          Tugas Tertulis : Menyalin Materi pada buku catatan!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 5 BTQ IDGHOM MUTAMATSILAIN

  BTQ KELAS 5 Semester Genap SD Muhammadiyah 03 Tumpang   Pembelajaran 2-2.2   Assalamualaikum anak sholih dan Sholiha, bagaiman...